Minggu, 26 April 2009


Penyebab sakit maag menurut A Gani SpPD-KGH dalam Republika ada beberapa sebab, seperti yang tertulis sebagai berikut :
…penyakit maag terjadi karena dua hal, yaitu gangguan fungsional kerja dari lambung yang tidak baik dan terdapat gangguan struktur anatomi. Gangguan fungsional berhubungan dengan adanya gerakan dari lambung yang berkaitan dengan sistem syaraf di lambung atau hal-hal yang bersifat psikologis. Gangguan struktur anatomi bisa berupa luka, erosi, atau bisa juga tumor.

Dalam harian Republika disebutkan pula bahwa hal yang mempengaruhi timbulnya maag adalah pola makan yang tidak teratur sehingga mengakibatkan lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung. Rasa nyeri dan mual pun muncul.

Selain itu tertulis di Harian Republika bahwa penyakit maag juga bisa disebabkan karena stres.
Selain pola makan tak teratur, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh stres. Hal ini dimungkinkan karena sistem persyarafan di otak berhubungan dengan lambung, sehingga bila seseorang mengalami stres maka bisa muncul kelainan pada lambung. ”Dalam hal ini, terjadi ketidakseimbangan’, tuturnya. Perlu Anda tahu, stres bisa menyebabkan terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuh. Nah selanjutnya, perubahan itu akan merangsang sel-sel di dalam lambung yang kemudian memproduksi asam secara berlebihan. Asam yang berlebihan ini membuat lambung terasa nyeri, nyeri, dan kembung. Lama-kelamaan, hal ini dapat menimbulkan luka pada dinding lambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar