Minggu, 26 April 2009

60% PENDUDUK JAKARTA SAKIT MAAG


Kalbe.co.id - Survey yang dilakukan pada masyarakat Jakarta tahun lalu yang melibatkan 1645 responden mendapatkan bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60%. Artinya masalah sakit maag ini memang ada di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua.

Demikian pemaparan dari Dr.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Minggu , 2 Maret 2008 lalu di Semanggi Expo pada acara talkshow dalam rangka “The 2nd Annual Women's Health Seminar & Expo 2008”.Sakit Maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang ke dokter mencari pertolongan medis. Sakit maag yang membawa pasien datang ke dokter kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit maag. Jika diteliti dari arti katanya sendiri Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya Lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit maag. Secara medis, istilah yang sering digunakan untuk sakit maag ini adalah dispepsia.

Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Pasien dengan dispepsia atau sakit maag ini juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa. Hampir setiap orang sebenarnya pernah merasakan masalah dengan lambungnya tetapi tentunya tidak setiap masalah yang hanya berlangsung sesaat dengan maagnya disebut mempunyai sakit maag.

Pembagian sakit maag.Secara garis besar sakit maag ini dikelompokkan menjadi penyakit maag yang organik dan penyakit maag fungsional. Pembagian ini dilakukan tentunya setelah melalui pemeriksaan terutama pemeriksaan endoskopi atau teropong saluran cerna dalam hal ini tentunya teropong saluran cerna atas. Dispespsia fungsional ditetapkan jika dengan pemeriksaan baik secara endoskopi, pemeriksaan ultrasonografi dan pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan penyebab lain dari sakit maag tersebut.Definisi dispepsia atau sakit maag fungsional mutakhir yang dipublikasi tahun lalu oleh pakar dunia di bidang penyakit lambung menyatakan orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang yang telah berlangsung minimal selama 3 bulan dalam rentang waktu selama 6 bulan. Dari definisi ini jelas bahwa tentunya orang mempunyai sakit maag yang fungsional jika merasakan keluhan pada lambung sudah berlangsung lama.Dispepsia fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan faktor psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara faktor fungsional dengan faktor stress yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas). Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80 % kasus sakit maag. Tetapi tentunya, adanya kekerapan yang lebih besar dari sakit maag karena fungsional bukan kita selalu beranggapan kalau kita mempunyai masalah dengan maag kita selalu berhubungan dengan masalah stress. Karena tetap harus dipikirkan kemungkinan penyebab organik pada sakit maag tersebut. Dengan mengetahui penyebab dari sakit maag tersebut tentunya pengobatan yang terarah dapat diberikan. Pada talkshow ini diperkenalkan Promag Double Action oleh dr. Helmin Agustina dari PT. Kalbe Farma dengan kandungan kombinasi antasida dan H2-Blocker sehingga memiliki aksi ganda yaitu menetralisir asam lambung dan menghambat pengeluaran asam berlebihan, dengan mula kerja cepat dan masa kerja yang lama (sampai 12 jam). Pada kasus tertentu pemeriksaan endoskopi merupakan prosedur yang harus dilakukan untuk memastikan apa sebenarnya yang terjadi pada lambung kita. Dengan mengetahui kelainan yang terjadi pada akhirnya pengobatan secara tuntas dapat dilakukan. Dan pada akhirnya juga sakit maag tersebut dapat disembuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar